Sabtu, 01 November 2014

Dampak Pembakaran Hidrokarbon

Hallo, kali ini saya akan posting makalah tentang "DAMPAK PEMBAKARAN HIDROKARBON"

C
E
K
I
D
O
T

TUGAS MAKALAH 
(DAMPAK PEMBAKARAN HIDROKARBON)
D
I
S
U
S
U
N
OLEH :
COSTANTINA RATILA
MEIDIANA SABANDAR
ISNA UWEN 

Kelas : XI MIA 4
SMA NEGERI 3 AMBON














KATA PENGANTAR

       Puji syukur kita panjatkan kehadirat TUHAN yang mahaesa karena atas limpahan Rahmatnya, sehingga kelompok kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “dampak pembakaran senyawa hidrokarbon”. Dan Terwujudnya makalah ini, tidak lain karena adanya bantuan dari berbagai pihak yang ikut membantu dalam menyelesaikan makalah ini.
       Oleh karena itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dan juga referensi yang telah kami gunakan sebagai petunjuk.
        Semoga makalah yang kami buat dapat bermanfaat bagi kami dan teman-teman semua ..
Semoga keberhasilan berpihak kepada kita semua

GBU And Me


                                                                           


                                                                    Ambon, 19 Juli 2014
                                                                                                                                                                                    

                                                                                    








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR ISI .........................................................................................

BAB I   : PENDAHULUAN
     A. Latar Belakang...............................................................................................
     B. Rumusan Masalah ................................................................................

BAB II  : PEMBAHASAN
     A. Dampak pembakaran senyawa hidrokarbon.....................................................
     B. pengendalian dampak pembakaran senyawa hidrokarbon ........................................


BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………………………………………………………
     B.  Saran ..........................................................................................

















BAB I
PENDAHULUAN
A.        LATAR BELAKANG
Hidrokarbon adalah sebuah senyawa yang terdiri dari unsur karbon (C) dan hidrogen(H). Seluruh hidrokarbon memiliki rantai karbon dan atom-atom hidrogen yang berikatan dengan rantai tersebut. Istilah tersebut digunakan juga sebagai pengertian dari hidrokarbon alifatik.HC adalah bahan pencemar udara yang dapat berbentuk gas, cairan maupun padatan. Semakin tinggi jumlah atom karbon, unsur ini akan cenderung berbentuk padatan. Hidrokarbon dengan kandungan unsur C antara 1-4 atom karbon akan berbentuk gas pada suhu kamar, sedangkan kandungan karbon diatas 5 akan berbentuk cairan dan padatan.
HC yang berupa gas akan tercampur dengan gas-gas hasil buangan lainnya, sedangkan bila berupa cair maka HC akan membentuk semacam kabut minyak, bila berbentuk padatan akan membentuk asap yang pekat dan akhirnya menggumpal menjadi debu .

B.         Rumusan masalah :
a.   Apa Dampak dari pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap kesehatan manusia, ekosistem dan lingkungan, hewan, dan tumbuhan ?
b.   Apa Pengendalian dari dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap kesehatan manusia, ekosistem, lingkungan, hewan, dan tumbuhan?








BAB II
PEMBAHASAN
A.  DAMPAK  SENYAWA HIDROKARBON
Hidrokarbon kelingkungan dapat menjadi polutan primer maupun sekunder. Jumlahnya yang berlebih pada manusia, hewan, tumbuhan, ekosistem, maupun material tertentu akan memberi dampak negatif.

1. Kesehatan Manusia
Beberapa dari bahan-bahan pencemar ini merupakan senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik dan mutagenik, seperti etilenformaldehidbenzenametilnitrit dan hidrokarbon poliaromatik (PAH).
Emisi kendaraan bermotor yang  mengandung senyawa karsinogenik diperkirakan dapat menimbulkan tumor pada organ lain selain paru. Akan  tetapi untuk membuktikan apakah pembentukan tumor tersebut hanya diakibatkan karena asap  solar atau gas lain yang bersifat sebagai iritan
Menurut Anonim (2004), hidrokarbon di udara akan bereaksi dengan bahan-bahan lain dan akan membentuk ikatan baru yang disebut  plycyclic aromatic  hidrocarbon (PAH) yang banyak dijumpai di daerah industri dan padat lalu lintas. Bila PAH ini masuk dalam paru-paru akan menimbulkan luka dan merangsang terbentuknya sel-sel kanker. Pengaruh hidrokarbon aromatic pada kesehatan manusia dapat terlihat pada tabel dibawah ini,  yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan:


2. Ekosistem dan Lingkungan
Reaksi pembakaran hidroakarbon yang melibatkan O2 akan menghasilkan panas yang tinggi. Panas yang tinggi ini menimbulkan peristiwa pemecahan (Cracking) menghasilkan rantai hidrokarbon pendek atau partikel karbon.
Gas hidrokarbon dapat bercampur dengan gas buangan lainnya. Cairan hidrokarbon membentuk kabut minyak (droplet). Padatan hidrokarbon akan membentuk asap pekat dan menggumpal menjadi debu/partikel. Hidrokarbon bereaksi dengan NO2 dan O2 mengahsilkan  PAN (Peroxy Acetyl Nitrates).

3. Hewan
Hidrokarbon yang bersifat mutagenik akan sangat rentan pada hewan. Beberapa percobaan pada hewan telah membuktikan adanya indikasi perubahan gen pada hewan tersebut. Dengan kekekalan massa yang berlaku, konsumsi hewan yang tercemar oleh manusia akan memindahkan kandungan senyawa hidrokarbon ke manusia.

4.Tumbuhan
Campuran PAN dengan gas CO dan O3 disebut kabut foto kimia (Photo Chemistry Smog) yang dapat merusak tanaman. Daun menjadi pucat karena selnya mati. Jika  hidrokarbon bercampur bahan lain toksitas nya akan meningkat .

5. Material
Dampak hidrokarbon pada material biasanya disebabkan oleh sifat kimiawi hidrokarbon. Sebagai contoh, karet gelang yang direndam dalam bensin maka  akan bertambah volumenya tetapi berkurang sifat elastisnya. Dengan demikian, hidrokarbon mampu melarutkan beberapa senyawa penting lain dalam material sehinga akan mengubah tidak hanya sifat fisik, tetapi juga kimia.

B.   PENGENDALIAN DAMPAK SENYAWA HIDROKARBON

1.     Pencegahan
Hidrokarbon sebagai senyawa yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari tentunya menjadi sebuah dilemma ketika dampak dari penggunaanny amembahayakan manusia sendiri. Meski demikian, pada dasarnya, pengolahan yang tidak baiklah sehingga senyawa tersebut menjadi polutan. Oleh karena itu, pencegahan dari dampak negative hidrokarbon sesuai yang dirumuskan oleh Departemen Kesehatan adalah sebagai berikut :


A.  Sumber Bergerak
1. Merawat mesin kendaraan bermotor  agar tetap baik.
2. Melakukan pengujian emisi secara berkala dan KIR kendaraan.
3. Memasang filter pada knalpot.

                B. Sumber Tidak Bergerak
1. Memasang scruber pada cerobong asap.
2. Memodifikasi pada proses pembakaran.

2.    Penanggulangan

Penanggulan adalah langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk
Meminimalisir dampak negative polutan hidrokarbon pada manusia. Langkah
Penanggulangan dapat berupa penggatian peralatan-peralatan yang
Memanfaatkan senyawa hidrokarbon, mengatur sirkulasi udara, baik dirumah
maupun di industri, misalnya dengan LEV. Seandainya telah jatuh korban,
langkah siaga yang dapat dilakukan adalah memberikan pernafasan buatan,
dan mengirimkan korban kerumah sakit atau puskemas.













BAB III

PENUTUP


A.  KESIMPULAN :
Dari pembahasan di atas dampak pembakaran senyawa hidrokarbon sangat berbahaya bagi mahluk hidup dan lingkungan di bumi ini dan kita sebagai manusia harus mengurangi penggunaan hidrokarbon tetapi banyak orang tidak tau apa akibat dari penggunaan hidrokarbon yang terlalu berlebihan seperti: banyaknya kendaraan roda dua dan roda empat yang mengeluarkan asap/gas yang mempengaruhi kesehatan manusia sendiri.


B.   SARAN :
Kita sebagai mahluk  ciptaan yang mulia, kita harus menjaga dan merawat alam ciptaan TUHAN ini dan kita harus melakukan penanaman hutan kembali untuk mengurangi gas yang berbahanya itu.


















Sekiann makalah yang saya buat :)
semoga bermanfaat untuk kita semuaa  

boleh minta comentarnya ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar